top of page
Search
  • aliciasabrina21

Rangkuman Informatika Bab 1

Assalamu'alaikum wr wb, nama saya Alicia Sabrina Gofara dari kelas 8C absen 4 dan saya akan merangkum informatika bab 1.


Pertama tama mari kita mengenal internet, internet merupakan kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan yang sangat besar.

Sebagai sarana komunikasi internet dapat membuat para penggunanya saling berkomunikas, bertukar data dengan cepat, dan mengirim pesan dengan cepat.

Pengguna internet tidak dibatasi oleh batas wilayah dari negara tertentu untuk komunikasi maupun mengakses informasi melalui internet.

Dengan internet, informasi dapat diakses di seluruh penjuru dunia.

Aplikasi yang sering digunakan untuk menyimpan data atau informasi adalah World Wide Web. Halaman web yg satu dengan yg lain dihubungkan dengan menggunakan link. Linknya dapat berupa teks, gambar, dll. Link dapat dikenali dengan mendekati pointer mouse diatasnya sehingga akan menunjukan bahwa kita bisa mengklik linknya. Selain dalam bentuk web, dokumen lain yg sering digunakan antara lain ada rich text file (.rtf), PDF (.pdf), dll.

Lalu ada jaringan komputer, jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain. Manfaatnya antara lain: Membagi sumber daya, Reliabilitas tinggi, menghemat uang, dan sebagai sarana komunikasi. Jaringan komputer ada beberapa jenis yaitu jaringan lokal (LAN), jaringan kota (MAN), dan jaringan wilayah tertentu (WAN), internet, dan intranet.

Menghubungkan komputer ke internet dapat berupa:

kecepatan akses internet, internet service provider, menggunakan jaringan komputer (LAN), menggunakan ponsel, dan menggunakan satelit.


Jenis jenis aplikasi internet : discussion board dan newsgroup, World Wide Web, Email dan mailing list, dan weblog.

Selain itu ada juga teknologi yang baru beberapa tahun terakhir ini yaitu : jejaring sosial dan media cloud, cloud storage, aplikasi berbasis cloud, dan mesin pencari.

Faktor penentu hasil pencarian ada : pengertian dari query pencarian, kesesuaian halaman web, kualitas konten, kegunaan halaman web, serta konteks dan pengaturan pencarian.

Teknik pencarian menggunakan google : pencarian dengan frasa, pencarian dengan pengecualian, pencarian format file tertentu, domain tertentu, pencarian gambar, pembatasan waktu dan bahasa.


Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 komputer yang terhubung dalam suatu jaringan, baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas seperti MAN, WAN, maupun internet.

Protokol adalah aturan aturan yg membuat 2 komputer saling mengerti satu dengan yg lain. Salah satu protokol komunikasi data yg banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yg luas adalah TCP/IP yaiitu Transer Control Protocol/Internet Protocol yang merupakan kumpulan protokol yg bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data dimana masing masing protokol memiliki fungsi berbeda dan dapat memastikan data yg dikirim sampai ke alamat dan aplikasi yg benar dengan keadaan baik. TCP/IP terdiri dari 4 lapis yaitu: Application layer, transport layer, internet layer, dan network interface layer.


Hacking adalah usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan maksud mencuri file, data, dsb. Cracking adalah usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan maksud menghancurkan file atau data yg disimpan di komputer. Dan ada beberapa teknik pencurian yg sering dilakukan sebagai : Eavesdropping, snooping, spoofing, email spoofing, phishing, pharming, cookies, spyware, adware, browser hijackers.

Dan ini adalah beberapa teknologi pengaman data yg ada saat ini : firewall dan enkripsi.


Sekian rangkuman informatika bab 1 oleh saya, kalau ada salah kata mohon dimaafkan, terimakasih wassalamu'alaikum wr wb.

19 views1 comment

Recent Posts

See All

Membacalah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi

Membacalah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi. Setiap hari saya membaca. Bukan hanya membaca buku saja, tapi membaca apa yang ada di media sosial saya. Membaca kitab suci itu pasti karena bekal

Alumni Menginspirasi Labs

Assalamu'alaikum wr wb, nama saya Alicia Sabrina Gofara kelas 8C absen 4, saya akan menceritakan ttg alumni2 dari smp labschool jakarta yg skrg sudah sukses. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 27

Latihan Akhir bab 4 halaman 236 - 240

Alicia Sabrina Gofara 8C/04 1. Blok perintah berikut yang digunakan untuk menggambar pola berulang adalah... a. if - then b. repeat (dengan jumlah tertentu) c. forever d. if-then-else Jawaban : B 2. V

Post: Blog2_Post
bottom of page